Bagaimana Migrasi Dari MySQL Menjadi MySQLi Di PHP


Secara garis besar, sebenarnya tidak ada perbedaan antara MySQL dan MySQLi. 
Hanya saja mysql ini adalah versi lama, yang relatif lama, tidak disarankan menggunakan mysql untuk mengembangkan aplikasi, dan mungkin akan dihapus dari rak di masa mendatang.

Dan MYSQLi adalah versi baru dari MySQL yang telah diperbaiki. mysqli dirancang untuk mendukung fitur terbaru dari mysql. Nama-nama yang digunakan di mysqli juga hampir sama dengan yang digunakan oleh mysql.

Sebagai contoh, katakanlah kita membuat koneksi antara database dan php. Jika kita menggunakan mysql, kita menggunakan perintah mysql_connect, kemudian jika kita menggunakan mysqli, kita hanya menambahkan i pada kata mysql, lebih tepatnya mysqli_connect. Juga dalam proses pemanggilan data dari mysql_query ke mysqli_query.

Mengapa saya mengatakan bahwa mysql dapat dihapus di masa depan, ini karena jika kita melihat PHP 7 ke atas, mysql tidak lagi tersedia. Sejauh yang saya ingat php 5.6 dan di bawahnya, versi php terakhir yang masih bekerja dengan mysql.

Menurut saya, sudah sepantasnya kita melakukan migrasi dari mysql ke mysqli karena alasan di atas. Lalu apakah project sudah selesai dengan mysql dan ingin mengupgrade ke mysqli? Memang tidak ada masalah jika Anda menggunakan mysql PHP 5 ke bawah. Tetapi memutakhirkan/memigrasi dari mysql ke mysqli adalah ide yang bagus. Satu hal yang terjadi pada saya adalah ketika saya menginstal proyek ke host saya mendapatkan kesalahan karena saya lupa untuk menurunkan versi PHP. Jadi saya pikir kita perlu bermigrasi dari mysql ke mysqli.

Migrasi dari mysql ke mysqli sebenarnya cukup sederhana, tidak ada perbedaan khusus. Berikut akan saya berikan beberapa contoh migrasi dari mysql ke mysqli:

Membuat Koneksi

<?php
	//Dengan MySQL
	$koneksi = mysql_connect("localhost","root","","tutorial");


	//Dengan MySQLi
	$koneksi = mysqli_connect("localhost","root","","tutorial");
?>

Menampilkan Data / Select

<?php
	//Dengan MySQL
	include "koneksi.php";
	$data= mysql_query("SELECT * FROM pegawai");	


	//Dengan MySQLi
	include 'koneksi.php';
	$data = mysqli_query($koneksi,"SELECT * FROM pegawai");
?>

Melakukan Input Data / Insert

<?php
	//Dengan MySQL
	include 'koneksi.php'; 
	mysql_query("INSERT INTO pegawai VALUES('Amin','Jaksel','Manager')");


	//Dengan MySQLi
	include 'koneksi.php'; 
	mysqli_query($koneksi,"INSERT INTO pegawai VALUES('Amin','Jaksel','Manager')");
?>

Kesimpulan yang dapat kita tarik adalah:

  • Mysqli adalah versi terbaru dari mysql
  • Untuk bermigrasi dari mysql ke mysqli kita hanya perlu mengganti mysql ke mysqli. Misalnya : mysql_num_rows menjadi mysqli_num_rows.
  • Mengeksekusi query menggunakan mysqli harus ditambahkan variabel yang menyimpan koneksi php dengan database, misalnya mysqli_query.


Ahmad Shoffa

Suka jalan-jalan untuk mencari inspirasi. Beginner Web Developer

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama