Gunung Ungaran | Dataran Tinggi di Jawa Bagian Utara

Gunung Ungaran adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Jawa, Indonesia tepatnya di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Dengan ketinggian 2.050 meter, gunung ini adalah gunung tinggi pertama yang dilihat pengendara dari Semarang ke arah selatan, di sisi kanan (barat). Menurut catatan-catatan sejarah, nama-nama lain gunung ini adalah Karundungan (prasasti Kuti), Karurungan/Karungrangan (Tantu Panggelaran), Karungrungan (Perjalanan Bujangga Manik, Serat Aji Saka, Serat Kanda), Kroenroengan (Domis, 1825), dan Ngroengroengan (Bleeker 1850, Friederich 1870). (Sumber: Wikipedia).
Jika dilihat dari tingginya, gunung ini memang tidak terlalu tinggi, karena hanya terpaut 300 mdpl dengan Gunung Andong yang terletak di Ngablak, Magelang. Akan tetapi untuk melakukan pendakian ke gunung ini via Jalur Mawar butuh waktu 3-4 jam menuju ke puncak. Waktu tempuh yang lama karena pendaki harus memutar ke kanan ke arah promasan dulu, baru menuju ke puncak. Semoga di jalur mawar ini dibuat jalur langsung ke puncak agar lebih cepat waktu tempuhnya. Jalur Mawar sendiri terletak tak jauh dari Bandungan (katanya Batu nya Semarang), jadi kalau mau ke Mawar cari aja Bandungan atau Umbul Sidomukti. Pasti akan ketemu jalur mawar. 
Untuk tempat camp, pendaki bisa mendirikan tenda di kebun teh Promasan, di batas hutan, atau bahkan di puncak. Jadi tak perlu khawatir kehabisan tempat camp. Jika tempat-tempat itu juga sudah penuh, maka dari puncak berjalanlah sedikit. Di sana ada juga tempat camp. Jalur tersebut adalah arah jalur Gedong Songo menuju puncak.
Gunung ini memiliki tiga puncak: Gendol, Botak, dan Ungaran. Puncak tertinggi adalah Ungaran. Dari puncak gunung ini, jika memandang ke utara akan terlihat Laut Jawa sedangkan jika membalikkan badan, akan terlihat jajaran (dari kiri ke kanan) Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Kendalisodo dengan Rawa Peningnya, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Prau.
Deretan Gunung di sebelah selatan
Sunrise tak sempurna
Sunrise Again





Posting Komentar

0 Komentar