Merapi Volcano | Sisa Musibah Jadi Andalan Wisata

Lava tour merapi merupakan wisata petualangan alam yang menjadi favorit di Jogjakarta. Diawali dengan letusan gunung merapi pada 2010 yang menyebabkan sedikitnya 165 orang termasuk Mbah Maridjan sebagai juru kunci, menjadikan kawasan merapi menjadi wilayah yang memiliki nilai sejarah tersendiri bagi warga Jogja dan sekitarnya.
Satu tahun kemudian, dengan dimulainya proses renovasi dan relokasi, maka pemerintah DIY dan masyarakat setempat melakukan pembenahan untuk menjadikan kawasan merapi menjadi lebih memiliki nilai ekonomis, yaitu dengan mengembangkan potensi wisata lava tour.
Pembenahan dilakukan dengan menjadikan titik-titik bekas erupsi menjadi lokasi-lokasi yang layak untuk dijadikan tempat wisata. Selain itu juga disediakan kendaraan-kendaraan sewa untuk para wisatawan melalui jalur-jalur yang dibuat untuk menghubungkan masing-masing titik. Kendaraan untuk wista lava tour merapi terdiri dari jeep, trail dan kendaraan warga.
Untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar, warga juga membangun warung-warung dan penginapan di sekitar kawasan merapi. Untuk standarisasi, maka dibentuklah semacam paguyuban untuk mengelola kawasan merapi dengan aturan-aturan dan standarisasi harga layanan.
Jika wisatawan harus merogoh kocek lumayan untuk menikmati indahnya Merapi dari jarak dekat, berbeda dengan warga setempat. Kita bisa naik motor menuju tempat tersebut walau harus tertatih-tatih. Jika motornya nggak kuat maka cukup berjalan kaki saja.  Lokasi tempat ini adalah bascamp Jeep Tour ke kanan. Ikuti jalan sampai lewat jalan offroad. 

Posting Komentar

0 Komentar