Gunung Sumbing | Puncak Tertinggi Kedua Jateng

Gunung Sumbing adalah gunung api yang terdapat di Jawa Tengah, Indonesia. (Ketinggian puncak 3.371 mdpl), gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Gunung ini secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang; Kabupaten Temanggung; dan Kabupaten Wonosobo. Bersama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung. Celah antara gunung ini dan Gunung Sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan kota Temanggung dan kota Wonosobo. Jalan ini biasa dijuluki sebagai "Kledung Pass". (Sumber: Wikipedia).
Jalur pendakian Gunung Sumbing sendiri cukup banyak, ada Jalur Pendakian Via Sipetung, Jalur Pendakian Via Kaliangkrik, Jalur Pendakian Via Bowongso, Jalur Pendakian Via Cepit, Jalur Pendakian Via Garung, dll. Jalur Via Garung merupakan jalur terbanyak dilalui karena lokasinya yang cukup  mudah dicari, yaitu di dekat Rest Area Kledung.
Gunung Sumbing juga sering disebut sebagai gunung lanang (laki-laki) yang mana Gunung Sindoro sebagai gunung wedok (perempuan). Kedua gunung ini berlokasi bersebrangan dan membentuk pemandangan yang indah jika melewati jalan Temanggung - Wonosobo.







Posting Komentar

0 Komentar