Ubah Tipe Partisi Hardisk MBR Ke GPT dan Sebaliknya

Kali ini saya akan membagikan cara merubah tipe partisi dari MBR ke GPT atau sebaliknya tanpa menghapus data, hal ini biasanya terjadi ketika pengguna Windows 7 yang ingin mengupgrade ke Windows 8/10/11 gagal karena partisi masih dalam format MBR.

Apa tujuan mengubah partisi MBR ke GPT atau sebaliknya?

Dulu Windows 7 ke bawah hanya memiliki satu partisi yaitu MBR. Sejak Windows 8 dan 10 muncul, istilah partisi GPT dikenal, meskipun sebenarnya jenis Windows 8 dan 10 dapat diinstal langsung pada kedua jenis Windows 7 ini. Selain partisi

Sayangnya untuk laptop versi terbaru, Windows 10 sekarang sudah terinstall GPT automatic partitioning, jadi kalau mau downgrade ke windows 7 harus ganti partisi ke MBR, karena windows 7 ke bawah tidak mengenal istilah partisi GPT.

Sekarang ketika menginstal ulang Windows di BIOS, kita hanya perlu memilih UEFI / EFI atau legacy, dan bahkan tidak ada penulisan lain kecuali jendela yang dapat di-boot, lalu pilih EFI / UEFI dan partisi MBR tradisional untuk GPT.

Bagaimana cara mengubah tipe partisinya?

  • Sebelumnya pastikan sudah install aplikasi EaseUS Partition Master.
  • Setelah install, silahkan buka aplikasinya.
  • Jika tipe partisi anda MBR, maka akan tertulis MBR, sebaliknya jika tipe partisi anda GPT maka akan tertulis GPT
Terlihat Tipe Partisi Saya MBR

  • Silahkan Klik Kanan pada harddisk anda kemudian pilih Converto To MBR jika ingin mengubah ke MBR atau Convert To GPT jika ingin mengubah ke tipe GPT.
Karena Tipe Partisi Saya MBR, maka tertulis Convert To GPT

  • Klik Apply dan tunggu sampai selesai, jika diminta untuk Restart, maka silahkan restart sesuai petunjuk

Alternatif Software Pengatur Partisi:

AOMEI Partition Assistant

MiniTool Partition Wizard


Posting Komentar

0 Komentar