Apa Sih MongoDB Itu


            MongoDB merupakan basis data yang tidak relasional. MongoDB bersifat open source yang memiliki High Performance. MongoDB adalah sebuah database yang menggunakan konsep manajemen database berorientasi dokumen (document-oriented) yang dibuat menggunakan pemrograman C++. Orientasi dokumen ini adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimpan, mengambil, dan mengelola data yang berorientasi dokumen.
            MongoDB sudah dikembangkan oleh Iogen sejak Oktober 2007, namun baru dipublikasikan mulai Februari 2009. Performa pada MongoDB sudah mencapai 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan MySQL serta mudah diaplikasikan juga. Karena MongoDB ini tergabung sebagai modul PHP.
            Untuk pengguna RDBMS yang mungkin agak membingungkan, karena dalam MongoDB ini tidak terdapat tabel akan tetapi yang digunakan hanyalah koleksi dan dokumen. Koleksi ini dianggap sebagai sebuah directory (folder) sedangkan dokumen sendiri dianggap sebagai file (berkas) dalam directory (folder) tersebut. Perbandingan pada RDBMS seperti MySQL, pada koleksi diibaratkan dengan tabel, sedangkan dokumen diibaratkan dengan baris dalam tabel tersebut. Baris pada MongoDB ini tidak sama dengan yang ada pada RDBMS, dokumen pada MongoDB dapat memiliki beda atribut dengan dokumen  yang lainnya walaupun ada pada satu koleksi.
            Data model MongoDB disebut BSON dengan struktur yang mirip dengan JSON. Strukturnya cukup mudah untuk dibaca. Dengan konsep key-value pada MongoDB, setiap dokumen akan otomatis memiliki index id yang unik. Sehingga dapat membantu mempercepat proses pencarian data secara global.

Posting Komentar

0 Komentar