Merbabu Via Suwanting Yang Mengesankan



Siapa yang belum kenal dengan Merbabu? Jika sahabat petualang masih tinggal di Pulau JAwa pastinya kenal dengan gunung satu ini. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.142 mdpl. Ada beberapa jalur pendakian yang biasa dipakai oleh para pendaki dan salah satunya adalah Jalur Suwanting. Nah basecamp Suwanting sendiri terletak di dusun suwanting desa Banyuroto Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang yang jaraknya sekitar 4 km dari Gardu pandang Ketep.

Untuk dapat kesini dari Jalan magelang cukup ikuti petunjuk ke arah wisata KETEP , dari ketep kita terus sampai kira-kira 7 menit akan ada petunjuk Desa Suwanting petunjuk itu ada di pertigaan kecil di kanan jalan dan kita tinggal ikuti petunjuknya dan sampai lah di basecamp Suwanting ini.

BASECAMP – POS 1
Kita akan melewati jalan setapak cor Dari basecamp ke pos 1 kita akan melewati perkebunan warga dan jalanya lumayan landaiselanjutnya kita akan melewati kebun sayuran warga dan selanjutnya kita akan disuguhi keindahan hutan pinus yang menawan waktu tempuh sekitar (30-60 menit).

POS 1 – POS 2
Masih terdapat hutan pinus setelah melewati hutan pinus kita akan melewati beberapa lembah ,semakin terjal perjalanan sekitar (60-120 menit).

POS 2 – POS 3
Melewati banyak lembah salah satu lembah terakhir adalah lembah Manding disitu dipercayai warga kampung suwanting agar kita mengucapkan salam terlebih dahulu dan dilarang mengeluh saat di lembah manding karena warga percaya jika kita mengeluh disitu juga kita akan semakin sakit atau berat dan kita juga harus have fun dalam perjalanan.

Selepas Lembah Manding, medan makin menantang, tanjakan curam dengan kemiringan 40-55 derajat. Iya, ini salah satu tanjakan tanpa ampun. Hehehe. Harus ekstra hati-hati. 40 menit dari Lembah Manding, kami sampai di selter berikutnya, yaitu Dampo Awang. Selter ini, bisa digunakan untuk peristirahatan sementara. Kalau pun mau mendirikan tenda, selter ini hanya bisa menampung maksimal 2 tenda. perjalanan sekitar (120-140 menit). Ditanjakan dibawah pos 3 terdapat saluran mata air yang dapat kita minum/masak, Teman-teman bisa membangun tenda di pos 3.

POS 3 – PUNCAK
Setelah mendirikan tenda dan kami mulai memasak untuk mengisi perut saat akan menuju puncak langsung/atau keesokan harinya. Medan jalur dari Pos III menuju Puncak didominasi oleh sabana dengan tetap menyusuri punggungan bukit. Menurut penduduk setempat punggungan bukit itu berjumlah 9. Menurut kepercayaan penduduk setempat legenda nama Kenteng Songo, sebagai puncak tertinggi Merbabu berasal dari jalur ini. Kenteng berarti bukit. Maka ada 9 bukit. Nama kentang songo berarti bukit yang kesembilan. Kami tidak banyak beristirahat dan membuang waktu. Target golden sunrise mesti tercapai. Kami hanya berhenti untuk mengatur nafas. Misalkan kami nekat berhenti lama, pasti akan kedinginan karena terpaan angin yang cukup kencang. Perjalanan sekitar (120-140 menit).



Referensi:

http://www.exploregunung.com/







 





 
 

 

 
 
 

Posting Komentar

0 Komentar