Mengatasi Error "Too Many Connections" Pada MySQL XAMPP


Jika kita punya aplikasi yang dengan database MySQL atau MariaDB, lalu seiring berjalannya waktu membuat pengguna aplikasi tersebut kian bertambah, mungkin kita akan menemukan error SQLSTATE [HY000] [1040] Too many connections. Error tersebut ada karena jumlah koneksi maksimum database kalian telah dilampaui. Secara default MySQL memberikan jumlah koneksi maksimum sebanyak 151 koneksi. Jadi kita perlu meningkatkan jumlah koneksi maksimum apabila menemukan error tersebut. Berikut cara mengatasi MySQL error "Too many connections".

Seperti yang sudah disebutkan, cara mengatasinya adalah dengan meningkatkan jumlah koneksi maksimum pada mysql atau mariadb. Variabel yang menentukan nilai tersebut bernama max_connections. Kita bisa meningkatkan nilai tersebut secara permanen ataupun tidak. Untuk peningkatan nilai secara permanen, kita bisa langsung edit/tambahkan variabel max_connections di dalam file my.cnf pada bagian  [mysqld] seperti ini:

[mysqld]
max_connections = 250

Selanjutnya, untuk cara yang tidak permanen (nilai akan kembali setiap service mysql atau mariadb di mulai ulang) cukup masuk ke dalam mysql atau maridb lalu kalian jalankan query berikut ini:

SET GLOBAL max_connections = 250;

Referensi : https://dev.mysql.com/doc/refman/8.0/en/too-many-connections.html

Posting Komentar

0 Komentar