Manajemen Database dengan HeidiSQL

Ada cukup banyak aplikasi GUI untuk melakukan manajemen administrasi database mulai dari create database, create table, create trigger, create view, create store procedure, bahkan operasi drop dan alter. Namun di antara sekian banyak aplikasi yang disediakan, ada satu aplikasi yang bener-bener free walau sebenarnya kita diberi kesempatan untuk berdonasi, yaitu HeidiSQL
Kelebihan dari HeidiSQL jika dibandingkan dengan aplikasi GUI MySQL yang lain adalah aplikasi ini sangat ringan, cepat, bisa akses ke multiple database, dan tentu saja yang paling disukai oleh para newbie dan para developer adalah aplikasi ini di distribusikan secara gratis.
Dengan menggunakan HeidiSQL, kita bisa melakukan manajemen ke 3 jenis database, yaitu MySQL, MS SQL Server, dan PostgreSQL. Untuk mengakses database MariaDB dengan HeidiSQL pun saya dengar katanya juga bisa. Namun saya belum pernah mencobanya. Mungkin rekan-rekan ada yang sudah pernah mencoba dan mau berbagi pengalamannya kesini. Khusus untuk MS SQL Server, menurut saya aplikasi ini cocok karena memang jarang ada aplikasi GUI selain SQL Server Management Studio yang bisa untuk melakukan remote database MS SQL Server.
Sampai artikel ini ditulis, versi HeidiSQL yang terbaru adalah 9.4.0.5174. 
Untuk melakukan download, silahkan klik link berikut:

Terima kasih,
Salam Edukasi dan Teknologi Informasi

Posting Komentar

0 Komentar