Membuat Form Posting Dengan CKEditor

CKEditor adalah semacam library yang di bangun dari dengan javascript. untuk memudahkan kita dalam membuat form posting/text editor pada form. jadi dengan ada nya text editor ck editor ini kita bisa membuat form posting seperti pada blogspot atau wordpress. kita bisa membuat text tebal, text heading dan lain-lainnya dengan sangat mudah. karena ckeditor mengandung unsur WYSIWYG(What You See Is What You Get).
Ada beberapa jenis package CKEditor yang dapat teman-teman gunakan sesuai dengan kebutuhan.yaitu:
  • Basic Package
    Memiliki fitur yang sedikit. dan ukuran file nya pun terbilang kecil.
  • Standart Package
    Memiliki fitur yang sedang, ukuran file nya juga sedang.
  • Full Package
    Memiliki fitur yang banyak dan lengkap. otomatis ukuran file nya pun sangat besar.
jadi teman-teman tentukan saja sendiri sesuai dengan kebutuhan teman-teman. jika menggunakan fitur yang lengkap pun akan membuang memori saja. jadi sesuai kan dengan kebutuhan saja.
Dengan menggunakan CKEditor, sudah sangat memungkinkan kita misal nya membuat tulisan tebal, miring, garis bawah dan berbagai pengolahan string lainnya seperti pada form posting CMS(blogger, joomla, wordpress dan lain-lain.). jadi sangat mudah teman-teman untuk kita gunakan. kita tidak lagi perlu membuat semua nya dari awal.

DEMO APLIKASI

Langkah-Langkah:
1.  Silahkan download pluginnya di websitenya atau load pada url "https://cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/ckeditor/4.12.1/ckeditor.js" .
2.  Buat Form standar kemudian tambahkan code pemanggilan CKEditor pada head:
"<script type="text/javascript" src="https://cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/ckeditor/4.12.1/ckeditor.js"></script>"
3.  Pada element textarea, beri class dan id dengan nama ckeditor sehingga menjadi: "<textarea class="ckeditor" id="ckeditor"></textarea>"
4.  Source Lengkap:

Posting Komentar

0 Komentar