Membuat Barcode dengan PHP

Dalam dunia bisnis alat yang bernama Barcode scanner sudah tidak asing, terutama para petugas yang menerima sejumlah uang  atau biasa disebut kasir.
Bagi para kasir penggunaan Barcode scanner app menjadi bagian yang mutlak harus dikuasai untuk mempermudah maupun mempercepat transaksi pembelian. Dahulu sebelum menggunakan barcode scanner, kasir melakukan input penjualan secara manual dengan menggunakan nama barang atau kode barang.
Sebelum membahas lebih jauh mengenai penggunaan barcode scanner ada baiknya kita mengenal lebih dekat apa yang disebut dengan barcode. Barcode adalah kode-kode untuk angka dan huruf yang terdiri dari kombinasi bar (garis) dengan berbagai jarak. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memasukkan data ke dalam komputer.
Dalam barcode tidak berisi data deskriptif dari suatu barang, tetapi hanya enkripsi dari sejumlah digit angka. Ketika angka tersebut di scan oleh cashier maka kode tersebut secara otomatis akan langsung terhubung ke data barang. Hasil barcode scanner tersebut berisikan data-data dari berbagai produk seperti nama vendor, nama produk, harga dan data pendukung lain.
Nah, untuk membuat barcode sendiri sebenarnya sangat mudah. Kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat barcode dengan PHP dan tambahan plugin php-barcode-master.

Langkah:
  • Silahkan download php-barcode-master
  • Ekstrak plugin tersebut di htdocs
  • Untuk memanggil, maka cukup dengan 
Keterangan dari code tersebut adalah sebagain berikut:
  • text : merupakan isi dari kode barcode jika di scan.
  • size : merupakan ukuran file image barcode, secara default ukuran file image barcode adalah 20.
  • codetype  : merupakan type barcode secara default tipe barcode yang akan ditampilkan yaitu tipe code 128. kita bisa merubah menjadi tipe Code 39, Code 2of5, atau Codabar.
  • orientation : secara default barcode yang akan ditampilkan yaitu horizontal. teman-teman bisa mengganti menjadi vertikal dengan menambah parameter orientation=vertical.
  • print : akan menampilkan isi kode barcode tepat dibawah gambar. secara default false untuk menampilkan isi kode dibawah gambar gunakan parameter print=true.
Dari source code di atas, maka akan tampil seperti berikut:

Ahmad Shoffa

Suka jalan-jalan untuk mencari inspirasi. Beginner Web Developer

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama