Candi Ijo| Sunset Indah, Murah Meriah

Candi Ijo adalah candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta yang menyuguhkan pesona alam dan budaya serta pesawat yang tengah landing. Candi inilah yang membuat landasan Bandara Adisutjipto tak bisa diperpanjang ke arah timur. Candi Ijo dibangun sekitar abad ke-9, di sebuah bukit yang dikenal dengan Bukit Hijau atau Gumuk Ijo yang ketinggiannya sekitar 410 m di atas permukaan laut. Karena ketinggiannya, maka bukan saja bangunan candi yang bisa dinikmati tetapi juga pemandangan alam di bawahnya berupa teras-teras seperti di daerah pertanian dengan kemiringan yang curam. Meski bukan daerah yang subur, pemandangan alam di sekitar candi sangat indah untuk dinikmati.

Kompleks candi terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Teras pertama sekaligus halaman menuju pintu masuk merupakan teras berundak yang membujur dari barat ke timur. Bangunan pada teras ke-11 berupa pagar keliling, delapan buah lingga patok, empat bangunan yaitu candi utama, dan tiga candi perwara. Peletakan bangunan pada tiap teras didasarkan atas kesakralannya. Bangunan pada teras tertinggi adalah yang paling sakral.

Ragam bentuk seni rupa dijumpai sejak pintu masuk bangunan yang tergolong candi Hindu ini. Tepat di atas pintu masuk terdapat kala makara dengan motif kepala ganda dan beberapa atributnya. Motif kepala ganda dan atributnya yang juga bisa dijumpai pada candi Buddha menunjukkan bahwa candi itu adalah bentuk akulturasi kebudayaan Hindu dan Buddha. Beberapa candi yang memiliki motif kala makara serupa antara lain Ngawen, Plaosan dan Sari. (https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/candi/ijo/).

Rute Menuju Candi Ijo

1 Angkutan Umum

Jika ingin mengunjungi Candi Ijo dapat menempuh rute menuju Candi Prambanan dengan menggunakan bus Trans-Jogja (Trayek 1 A atau 1 B) atau menggunakan jasa taksi. Dari Candi Prambanan wisatawan menuju arah selatan (ke kanan jika berangkat dari Yogyakarta, atau ke kiri jika dari arah Solo) dengan menggunakan jasa ojek atau taksi.

2. Kendaraan Pribadi

Apabila  menggunakan mobil / motor pribadi, rute yang ditempuh dari Kota Jogja adalah : Jogja – Jalan Raya Jogja – Solo. Sampai di Km 16 (Candi Prambanan) belok kanan arah Piyungan. Setelah perjalanan sekitar 15 menit, akan nampak papan nama menuju Candi Ijo. Ikutilah papan nama tersebut hingga sampai di kompleks Candi Ijo yang terletak di tepi jalan menanjak Bukit Ijo

Jam Buka dan Tiket Masuk Candi Ijo

Wisatawan yang berkunjung ke Candi Ijo cukup mengisi daftar buku tamu tanpa dipungut biaya.

Akomodasi dan Fasilitas Candi Ijo

Belum ada akomodasi dan fasilitas pendukung di sekitar Candi Ijo, silakan membawa perbekalan secukupnya sebelum menuju Candi Ijo.

(http://www.jogja.co/candi-ijo/)

Foto by  Soffa A

Posting Komentar

0 Komentar