Alternatif Microsoft Office Gratis

Penggunaan aplikasi yang legal menjadi hal yang diidamkan semua pihak. Namun, jika harus melihat aplikasi tersebut adalah berbayar dan melihat harganya yang cukup tinggi akan membuat kita berpikir ulang untuk membeli lisensinya.

Microsoft Office merupakan salah satu aplikasi perkantoran yang terkenal dan menjadi program yang wajib ada. Microsoft Office mematok harga lisensi sebesar Rp 1.999.999 di website resminya. Jika harus menganggarkan untuk seluruh kantor maka cukup menyedot anggaran yang sangat besar.

Untuk itu, kita bisa menggunakan aplikasi perkantoran (Office Suite) yang gratis atau bisa digunakan tanpa harus membayar lisensinya. Berikut beberapa aplikasi perkantoran yang bisa anda gunakan sebagai pengganti Microsoft Office.

Libre Office

Libre Office adalah sebuah paket aplikasi perkantoran sumber terbuka dan bebas yang dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF). Nama LibreOffice merupakan gabungan dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor).

Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata, pengolah angka, presentasi, drawing, dan gudang data. Bisa digunakan di platform Windows, Linux, Mac Os.

Web Resmi : https://www.libreoffice.org/

WPS Office

WPS Office (sebuah akronim untuk Writer, Presentation, dan Spreadsheets, sebelumnya dikenal sebagai Kingsoft Office) adalah sebuah paket aplikasi perkantoran untuk Microsoft Windows, Linux, iOS, dan Android OS, yang dikembangkan oleh pengembang perangkat lunak dari Tiongkok yang berbasis di Zhuhai, yaitu Kingsoft.

Web Resmi : https://www.wps.com/

Free Office

FreeOffice adalah Aplikasi Perkantoran dari SoftMaker. SoftMaker telah mengembangkan perangkat lunak perkantoran: pengolah kata (TextMaker), spreadsheet (PlanMaker), presentasi grafis (SoftMaker Presentations), dan perangkat lunak database (DataMaker). Produk unggulan SoftMaker Office tersedia untuk berbagai macam sistem operasi: Windows, Linux, Google Android, Windows Mobile dan Windows CE.

Web Resmi : https://www.freeoffice.com/

ONLY Office

ONLYOFFICE Desktop Editor adalah sebuah open source office suite yang menggabungkan editor teks, spreadsheet dan presentasi. Dengan model pengembangan awal sebagai web aplikasi kolaborasi, diharapkan OnlyOffice bisa menjadi aplikasi perkantoran yang ringan.

Web Resmi : https://www.onlyoffice.com/

Posting Komentar

0 Komentar